Definisi Psikologi
Manajemen
Menurut
Richard Mayer (1981) psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan
struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.
Menurut
Plato dan Aristoteles psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari
tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir
Menurut Millet
(1954) ” management is the process of directing and fasilitating the work of
people organized informal group to achieve a desire goal” (manajemen adalah
proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorgasisir
secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan).
Jadi psikologi manajemen adalah analisis proses
mental untuk memahami perilaku manusia yang berguna untuk melancarkan pekerjaan
dari orang – orang yang terorganisir secara formal sebagai kelompok untuk
memperoleh tujuan yang diinginkan.
Definisi
Organisasi
Menurut
Stoner organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah
pengarahan manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
Menurut
James D. Mooney organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk
mencapai tujuan bersama.
Menurut Chester
I. Bernard organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Definisi
Komunikasi
Menurut
Soewarno Handaya Ningrat (1980) komunikasi adalah proses interaksi atau
hubungan saling pengertian satu sama lain antar sesama manusia. Proses interaksi
atau hubungan satu sama lain yang dikehendaki oleh seseorang dengan maksud agar
dapat diterima dan dimengerti antara sesamanya.
Menurut T.
Hani Handoko (1986) komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk
gagasan atau informasi dari seseorang ke orang lain. Perpindahan pengertian
tersebut melibatkan lebih dari sekedar dari kata – kata yang digunakan dalam
percakapan tapi dilihat juga melalui ekspresi wajah, intonasi, titik putus
tidak hanya memerlukan transmisi data, bahwa tergantung pada keterapilan –
keterampilan tertentu untuk membuat sukses pertukaran informasi.
Dimensi
Komunikasi
Dimensi isi
disandi secara verbal, sementara dimensi hubungan disandi secara nonverbal.
Dimensi isi menunjukkan muatan (isi) komunikasi, yaitu apa yang dikatakan.
Sedangkan dimensi hubungan menunjukkan bagaimana cara mengatakannya yang juga
mengisyaratkan bagaimana hubungan para komunikasi itu, dan bagaimana seharusnya
pesan itu ditafsirkan.
Dalam
komunikasi massa, dimensi isi merujuk pada isi pesan, sedangkan dimensi
hubungan merujuk kepada unsur-unsur lain, termasuk juga jenis saluran yang
digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut. Pengaruh suatu berita atau artikel
dalam surat kabar, misalnya, hanya bukan bergantung pada isinya, namun juga
pada siapa, penulisnya, tata letak (lay out)-nya, jenis huruf yang digunakan,
warna tulisan, dan sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar